Minggu, 22 November 2015

1. SIMULA di perkenalkan pertama kali pada tahun …..
 a. 1950               d. 1980
 b. 1960               e. 1990
 c. 1970
 2. Hal penting dalam pengembangan berorientasi objek adalah: ...
 a. Konsep mengidentifikasi dan mengorganisasi domain aplikasi
 b. Konsep pemodelan
 c. Karakteristik objek
 d. Abstraksi
 e. Konsep mengidentifikasi model
3. Fokus utama metodologi berorientasi objek adalah :
 a. Analisa                         d. Objek
 b. Bahasa pemograman    e. Implementasi
 c. Desain
 4. Mobil berwarna merah melaju dengan cepat Dari kalimat diatas manakah yang merupakan contoh dari karakteristik objek behavior, yaitu : ...
 a. mobil                        d. melaju
 b. cepat                         e. merah
 c. berwarna
5. Dalam satu aksi dimungkinkan memiliki lebih dari satu metoda, merupaka karakteristik metodologi :
 a. pewarisan                     d. abstraksi
 b. polymorphisme             e. implementasi
 c. pengkapsulan
 4. Mobil berwarna merah melaju dengan cepat Dari kalimat diatas manakah yang merupakan contoh dari karakteristik objek behavior, yaitu : ...
 a. mobil                        d. melaju
 b. cepat                        e. merah
 c. berwarna
5. Dalam satu aksi dimungkinkan memiliki lebih dari satu metoda, merupaka karakteristik metodologi :
 a. pewarisan                            d. abstraksi
 b. polymorphisme                    e. implementasi
 c. pengkapsulan
6. Tehnik pemodelan object terdiri dari..
 a. model dinamik, model class, model objek
 b. model fungsional, model class dan objek
 c. model class, dinamik dan fungsional
 d. model statis, dinamik dan class
e. model objek, dinamik dan fungsional
6. Tehnik pemodelan object terdiri dari..
 a. model dinamik, model class, model objek
 b. model fungsional, model class dan objek
 c. model class, dinamik dan fungsional
 d. model statis, dinamik dan class
e. model objek, dinamik dan fungsional
7. Konsep Object Oriented adalah
 a. sharing, message, inheritance
 b. encapsulation, sinergi, message
 c. inheritance, encapsulation, polimorfisme
 d. polimorfisme, sinergi, sharing
 e. sharing, sinergi, message
7. Konsep Object Oriented adalah
 a. sharing, message, inheritance
 b. encapsulation, sinergi, message
 c. inheritance, encapsulation, polimorfisme
 d. polimorfisme, sinergi, sharing
 e. sharing, sinergi, message
8. Model yang berisikan data flow diagram adalah
 a. model statis
 b. model fungsional
 c. model objek
 d. model dinamis
 e. model kelas
8. Model yang berisikan data flow diagram adalah
 a. model statis
 b. model fungsional
 c. model objek
 d. model dinamis
 e. model kelas
9. Tema-tema Object Oriented adalah, kecuali :
 a. abstraksi
 b. menggabungkan data dengan prilaku
 c. sharing
 d. class
 e. pengkapsulan
 10. Model yang menggambarkan struktur statis dari suatu objek dalam sistem dan relasinya adalah
 a. model objek
 b. model class
 c. model dinamik
 d. model fungsional
 e. tidak ada yang benar
11. Konsep abstraksi atau benda yang memilki identitas dinamakan dengan
a. class                        d. UML
b. use case                  e. diagram
c. objek
 12. Unified Method versi 0.8 dikemukakan pada tahun…
 a. 1994                  d. 1997
 b. 1995                  e. 1998
c. 1996
 13. Elemen utama UML adalah
a. benda, relation, objek                       d. diagram, bagan, objek
b. use case, objek, benda                        e. hubungan, objek, diagram
c. benda, hubungan, diagram
 14. Dibawah ini merupakan bentuk-bentuk objek, kecuali..
a. classes                    d. nodes
b. interfaces               e. deployment
c. usecases
 15. Pedoman pemodelan Object Oriented adalah, kecuali..
 a. menentukan deployment
b. menentukan atribut
c. menentukan subjek
 d. menentukan message
e. menentukan metoda
 16. Tiga diagram baru yang ada pada UML 2.0 adalah
 a. Composite Diagram, Class Diagram, Timing Diagram
 b. Class Diagram, Interaction Diagram, Composite Diagram
 c. Composite Diagram, Interaction Diagram, Timing Diagram
 d. Timing Diagram, Use case Diagram, Class Diagram
 e. Sequence Diagram, Class Diagram,
17. Untuk menggambarkan interaksi anatar objek dimana penekanan pada jalur menggunakan diagram
a. communication      d. specification
b. class                       e. activity
c. state machine
 18. Mekanisme pembayaran model menggunakan, kecuali
a. specification                  d. extensibility
b. adornments                    e. accessibility
c. common division
19. Diagram yang menggambarkan bagaimana even mengubah objek selama aktif adalah
 a. communication                   d. specification
b. class                                    e. activity
 c. state machine
20. Dibawah ini adalah diagram-diagram yang termasuk kedalam behavior diagram adalah, kecuali
a. activity diagram                           d. class diagram
b. interaction diagram                      e. use case diagram
c. state machine diagram
21. Teknik untuk menjelaskan business process, procedural logic, dan work flow Bisa dipakai untuk menjelaskan use case text dalam notasi grafis
a. activity diagram                     d. use case diagram
b. class diagram                         e. state machine diagram
c. sequence diagramc
22. Activity diagram biasanya digunakan untuk menggambarkan..


   



a. proses                              d. objek bisnis
b. proses bisnis                    e. aktifitas
c. aktifitas proses bisnis
 23. Simbol dibawah adalah simbol … pada activity diagram


a. join d. end
b. fork e. decision
 c. start
24. Simbol dibawah adalah simbol … pada activity diagram


a. join                          d. end
 b. fork                         e. decision
 c. start
25. Simbol diatas adalah simbol … pada activity diagram
a. join                           d. end
 b. activites                  e. decision
c. start
26. Use case dinotasikan dengan gambarkan :
 a. horizontal elips                               d. persegi
 b. bujur sangkar                                  e. vertikal elips
 c. lingkaran
27. Use case biasanya menggunakan kata :
 a. kata benda                    d. kata perintah
 b. kata kerja                    e. kata petunjuk
 c. kata sifat
28. Menggambarkan orang, system atau external entitas / stakeholder yang menyediakan atau menerima informasi dari system disebut dengan
a. use case d. assosiation
 b. relation e. package
 c. actor
 29. Actor biasanya menggunakan kata :
 a. kata benda               d. kata perintah
 b. kata kerja                 e. kata petunjuk 
c. kata sifat
30. Jenis relasi yang bisa timbul pada use case diagram adalah, kecuali
 a. Association antara actor dan use case
b. Association antara use case
c. Generalization antara actor dan use case
d. Generalization/Inheritance antara use case
 e. Generalization/Inheritance antara actors


CARA PEMBUATAN ERD SUPERMARKET

ERD merupakan suatu model untuk menjelaskan hubungan antar data dalam basis data berdasarkan objek-objek dasar data yang mempunyai hubungan antar relasi. ERD untuk memodelkan struktur data dan hubungan antar data, untuk menggambarkannya digunakan beberapa notasi dan simbol.          
        Menurut salah satu para ahli, Brady dan Loonam (2010), Entity Relationship diagram (ERD) merupakan teknik yang digunakan untuk memodelkan kebutuhan data dari suatu organisasi, biasanya oleh System Analys dalam tahap analisis persyaratan proyek pengembangan system. Sementara seolah-olah teknik diagram atau alat peraga memberikan dasar untuk desain database relasional yang mendasari sistem informasi yang dikembangkan. ERD bersama-sama dengan detail pendukung merupakan model data yang pada gilirannya digunakan sebagai spesifikasi untuk database.

         Komponen penyusun ERD adalah sebagai berikut :
    Entitas adalah objek dalam dunia nyata yang dapat dibedakan dengan objek lain, sebagai contoh mahasiswa,dosen,departemen. Entitias terdiri atas beberapa atribut sebagai contoh atribut dari entitas mahasiswa adalah nim,nama,alamat,email, dll. Atribut nim merupakan unik untuk mengidentifikasikan / membedakan mahasiswa yg satu dengan yg lainnya. Pada setiap entitas harus memiliki 1 atribut unik atau yang disebut dengan primary key.

       Atribut adalah Setiap entitas pasti mempunyai elemen yang disebut atribut yang berfungsi untuk mendeskripsikan karakteristik dari entitas tersebut. Isi dari atribut mempunyai sesuatu yang dapat mengidentifikasikan isi elemen satu dengan yang lain. Gambar atribut diwakili oleh simbol elips. 

        Ada dua jenis Atribut :

  1) Identifier (key) digunakan untuk menentukan suatuentity  secara unik (primary key).

  2) Descriptor (nonkey attribute) digunakan untuk menspesifikasikan karakteristik dari suatu entity yang tidak unik.

         Relasi adalah hubungan antara beberapa entitas. sebagai contoh relasi antar mahaiswa dengan mata kuliah dimana setiap mahasiswa bisa mengambil beberapa mata kuliah dan setiap mata kuliah bisa diambil oleh lebih dari 1 mahasiswa. relasi tersebut memiliki hubungan banyak ke banyak. Berikut adalah contoh ERD.

Kardinalitas menyatakan jumlah himpunan relasi antar entitias. pemetaan kardiniliat terdiri dari :

·         one-to-one :sebuah entitas pada A berhubungan dengan entitas B paling banyak 1contoh diatas relasi pegawai dan departemen dimana setiap pegawai hanya bekerja pada 1 departemen

·         one-to-many : sebuah entitas pada A berhubungan dengan entitas B lebih dari satu contoh diatas adalah 1 depertemen memiliki banyak pegawai

·         many-to-many : sebuah entitas pada A berhubungan dengan entitas B lebih dari satu dan B berhubungan dengan A lebih dari satu jugan contoh diatas adalah relasi mahasiswa dengan mata kuliah.
Berikut adalah metode/tahap untuk membuat ERD :
  • ·         Menentukan Entitas
  • ·         Menentukan Relasi
  • ·         Menggambar ERD sementara
  • ·         Mengisi Kardinalitas
  • ·         Menentukan Kunci Utama
  • ·         Menggambar ERD berdasar Key
  • ·         Menentukan Atribut
  • ·         Memetakan Atribut
  • ·         Menggambar ERD dengan Atribut
              CONTOH ANALISA PEMBUATAN ERD SUPERMARKET
       Sebuah supermarket mempunya banyak barang dan juga kategori supermarket juga mempunya pemasok barang lalu di letakan di dalam blok-blok 
      maka buatlah ERD
     LANGKAH-LANGKAH CARA BUAT ERD SUPERMARKET